Jumat, 07 Juni 2013

TULANG KUAT DAN SEHAT DENGAN CNI MARINE ORGANIC CALCIUM


Osteoporosis seringkali datang tanpa disadari, dan umumnya mengincar kaum wanita sebagai korbannya. Menurut data dari Puslitbang Gizi Depkes RI tahun 2002, 1 dari 3 wanita di Indonesia menderita osteoporosis. Seram memang, tapi bukan mustahil untuk dihindari.
Mengapa Wanita ?
Hamil dan menyusui adalah satu penyebab osteoporosis lebih besar terjadi pada wanita. Pada saat itu, kebutuhan kalsium ibu meningkat, juga sang bayi saat dalam kandungan maupun saat menyusui. Wanita yang kurang memperhatikan asupan kalsium saat hamil dan menyusui mempunyai kecenderungan terhadap osteoporosis.
Penyebab lainnya adalah perubahan hormonal saat wanita menstruasi dan menopause. Hormon estrogen yang membantu penyerapan kalsium, menurun drastis. Pria, walaupun terjadi perubahan hormon, dialami saat usia yang lebih tua, yaitu 60-70 tahun, sedangkan masa menopause wanita antara 45-55 tahun. Di samping itu, secara umum massa tulang wanita lebih rendah dibanding pria.
Tanda-Tanda
Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan sering disebut silent disease. Dia seringkali datang tanpa disadari. Penderita umumnya baru menyadari ketika terjadi patah tulang atau berubahnya posisi punggung hingga mengakibatkan postur tubuh jadi membungkuk.
Faktor Risiko
Untuk mencegah dan menghindari osteoporosis, kita bisa melakukan deteksi dini. Berusahalah untuk selalu bergaya hidup sehat. Hindari alkohol, rokok dan segala makanan/minuman yang memiliki kafein tinggi. Osteoporosis tidak terjadi begitu saja, namun merupakan akibat dari perjalanan hidup dan kebiasaan kita bertahun-tahun yang baru akan terlihat dampaknya pada saat kita menginjak usia 45 tahun ke atas. Karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga asupan kalsium sesuai kebutuhan tubuh. Mengonsumsi kalsium sejak dini secara teratur ibarat menabung di bank, karena tulang tidak akan kekurangan bahan baku pembentuknya hingga susunan tulang menjadai padat. Dengan kondisi demikian, risiko osteoporosis dapat diperkecil.
Sumber Kalsium
Makanan sumber kalsium sangat beragam. Keju, susu, brokoli, bayam, ikan teri adalah sumber kalsium. Namun karena kebutuhan kalsium tubuh 1000 mg setiap hari, kita perlu menambah asupan kalsium dari suplemen makanan.
Silahkan hubung DC terdekat di kota anda dengan nomor N-3712597 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar